News

Alasan Lagu Bruno Mars hingga Ed Sheeran Dibatasi, KPID Jabar: Vulgar Banget!

28 Februari 2019

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar membatasi penyiaran 17 lagu berbahasa Inggris di televisi dan radio. Apa alasan KPID Jabar melakukan hal tersebut?

Dihubungi detikcom via telepon, Ketua KPID Jabar Dedeh Fardian menjelaskan alasan pihaknya melakukan pembatasan. Namun ia tak bisa secara gamblang menjelaskan karena dianggap terlalu vulgar.

"Maaf ini vulgar banget. Jadi di sini (lagu) ada ungkapan mengajak persetubuhan. Atau misal ketagihan, maaf, seks. Kemudian ada yang sampai overdosis (seks). Pokoknya tentang-tentang adegan seksual," ujarnya.

"Kebanyakan mah persetubuhan. Eksploitasi wanita, sampai dijadikan objek," lanjut Dedeh.

Hal tersebut, kata Dedeh, bertentangan dengan Pasal 20 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan KPI Nomor 02/KPI/03.2012 tentang Standar Program Siaran. Dalam ayat (1) tersebut program siaran dilarang berisi lagu dan/atau videoklip yang menampilkan judul dan/atau lirik bermuatan seks, cabul, dan atau mengesankan aktivitas seks.

Ramainya soal pembatasan lagu itu sampai-sampai dikomentari oleh Bruno Mars. Dia memprotes soal pembatasan tersebut.

"WTF! Saya tadinya populer di Indonesia! Lalu muncul @edsheeran dengan liriknya yang sakit, cabul, dan membuat kita semua kena cubit! Terima kasih Ed. Terima kasih banyak," kicau Bruno Mars. (hot.detik.com)