News

Eric Clapton Ajak Kolaborasi John Mayer, Derek Trucks, Albert Lee Hingga Tom Petty

24 Juli 2014

Eric Clapton akan mengeluarkan album The Breeze yang merupakan album untuk mengenang lagu-lagu legendaris karya gitaris sekaligus pencipta lagu legendaris JJ Cale yang wafat setahun lalu.

Banyak kolaborasi dilakukan oleh Clapton dalam album ini, antara lain bersama Mark Knopfler dan Don White untuk lagu berjudul “Train to Nowhere”. Selain itu ada pula kolaborasi lainnya seperti bersama John Mayer dalam lagu “Don’t Wait” dan “Magnolia”, Tom Petty, Willie Nelson, Derek Trucks, Christine Lakeland, Albert Lee dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sepanjang kariernya Clapton sendiri pernah merekam dua lagu milik Cale yang berjudul “After Midnight” dan “Cocaine” yang sempat menjadi hit besar saat itu. Ketika Clapton sedang dalam perjalanan dari London ke Los Angels untuk menghadiri pemakaman JJ Cale, ia pun mulai berpikir untuk membuat album untuk mengenang karya-karya musisi blues legendaris ini.

"Ketika saya mulai berbicara tentang album ini dengan Dave Kaplan (yang menjalankan label musik Surfdog miliknya), ia hanya pernah mendengar lagu JJ Cale yang pernah saya nyanyikan. Di Eropa kami mendengar JJ Cale sebagai orang Amerika. JJ sangat kritis terhadap dirinya sendiri, dan mengabaikan bakat yang dimilikinya. JJ senang dikenal sebagai pencipta lagu. Namun ketika saya mencoba bermain seperti dirinya, ternyata dia lebih dari sekadar seorang musisi. Kami terlalu kaku. JJ Cale memiliki sentuhan yang sensisitif dan halus.”

Dua lagu dari album The Breeze , yaitu “Train to Nowhere” dan “Don’t Wait” sudah dipublikasikan secara khusus pada dua website music, yaitu Guitar World dan Billboard pada Selasa (22/7). Rencananya Clapton sendiri akan merilis album ini pada 29 Juli mendatang dan menghadirkan penampilan semua musisi-musisi yang ikut berkolaborasi dalam album ini. (rollingstone.co.id)