News

John Wetton Pentolan Band Asia Meninggal Karena Kanker

01 Februari 2017

Musisi dan teman karib John Wetton, Geoff Downes mengkonfirmasi bahwa sahabat dekatnya diband Asia tersebut meninggal setelah pergulatan panjangnya melawan kanker, Wetton menghembuskan nafas terakhirnya hari Selasa.

John Wetton meninggal tiga minggu setelah ia mengumumkan menarik diri dari tur Band Asia di AS yang akan datang karena harus menjalani putaran kemoterapi. Dalam posting bersama secara online, Downes menulis: "Dengan sangat sedih dan berat hati, bahwa saya harus melaporkan kita telah kehilangan teman tersayang, saudara, bandmate dan kolaborator musik jangka panjang, John Wetton, yang telah meninggal setelah pertempuran panjang dan ulet dengan kanker".

“Dia akan dikenang sebagai salah satu bakat musik terbaik di dunia, dan saya adalah salah satu dari banyak orang yang sepenuhnya diberkati oleh pengaruhnya".

“Ini adalah suatu kehormatan besar bagi saya untuk bekerja dengan (orang) jenius ini begitu erat pada banyak proyek-proyek kami bersama-sama selama bertahun-tahun. bermain bass nya revolusioner. Suaranya dari para dewa".

‘Komposisinya – keluar dari dunia ini. rasa melodi dan harmoni – nyata. Dia benar-benar ‘satu yang khusus’.  Downes bertemu Wetton pada tahun 1981, menggambarkan dia sebagai ‘sangat setia, penuh kasih dan murah hati’ dan menulis ‘hatinya selalu dalam musik’.

Dia juga mengatakan mereka berencana membuat album lain tapi Wetton kondisinya tidak cukup baik untuk menyelesaikan itu. Downes berkata: “Saya akan kehilangannya. Dia adalah inspirasi bagi saya".

"Hidup tidak akan sama tanpa dia. Dan kata-kata tidak benar-benar cukup untuk menggambarkan rasa kehilangan yang saya rasakan sekarang, dan banyak teman dan penggemar di seluruh dunia juga akan merasa. Ini adalah akhir dari sebuah era bagi kita semua".

Musisi dan Asia bandmember Carl Palmer mengatakan: "Dengan kepergian teman baik saya dan kolaborator musik, John Wetton, dunia kehilangan lagi figur besarnya di dunia musik".

"John adalah orang yang lembut yang menciptakan beberapa melodi yang paling abadi dan lirik dalam musik populer modern. ‘Sebagai seorang musisi, dia baik berani dan inovatif, dengan suara musikal dari Asia ke puncak tangga lagu di seluruh dunia".

"Kemampuannya untuk lepas dari pengaruh alkohol membuatnya menjadi inspirasi bagi banyak orang yang juga telah berjuang melewati ketergantungan itu. Bagi kita yang mengenalnya dan bekerja dengan dia, perjuangannya gagah berani melawan kanker adalah inspirasi lebih lanjut".

John Wetton terkenal karena muncul dalam sejumlah band di tahun 1970-an dan 1980-an, termasuk Uriah Heep, Roxy Music dan King Crimson. (omediapc.com)