News

Kejanggalan di Balik Kasus Tuduhan Penjiplakan Led Zeppelin

26 Mei 2014

Kasus tuduhan penjiplakan yang dialamatkan pada Led Zeppelin untuk lagu 'Stairway To Heaven' terus bergulir. Pihak Randy California yang mengaku menciptakan lagu tersebut pun bersiap membawanya ke jalur hukum.

Randy telah menunjuk seorang pengacara bernama Francis Malofiy. Belakangan justru Francis Malofiy yang menjadi sorotan media. Francis punya track record buruk soal kasus yang dipegangnya. Salah satunya adalah kasus serupa dengan musisi berbeda.

Kasus tersebut adalah tuduhan plagiat yang dilayangkan terhadap Usher untuk lagu 'Bad Girl'. Beberapa waktu lalu, lagu tersebut dituduh menjiplak karya dari seorang musisi bernama Dan Marino.

Kasus tersebut pun berjalan dan Francis sempat membawa seorang saksi bernama William Guice. Namun, belakangan Francis diketahui bersekongkol dengan sang saksi untuk memenangkan tuduhan Marino.

Semenjak itulah nama Francis mulai dipertanyakan. Termasuk, ketika kemudian ia memegang kasus tuduhan penjiplakan Led Zeppelin yang dianggap aneh oleh beberapa pihak.

Para personel Led Zeppelin sendiri semakin tak peduli dengan tudingan miring yang dialamatkan pada mereka. Mereka justru dikabarkan sibuk untuk menyiapkan rencana perilisan tiga album terdahulu.

Tuduhan penjiplakan itu muncul saat gitaris grup band Spirit, Randy California mengaku menciptakan lagu yang mirip dengan 'Stairway To Heaven' yang diberi judul 'Taurus'.

Randy mengklaim Led Zeppelin 'mencontek' lagu mereka saat tampil bersama pada 1960. Tentunya banyak pihak yang mempertanyakan kenapa kasus plagiat itu baru diangkat ke permukaan sekarang. Padahal lagu tersebut dirilis pada 1971. (hot.detik.com)