News

Kolaborasi Armand Maulana dan Afgan Jadi Pengisi Konser Drive-in

03 Agustus 2020

Setelah Kahitna, kini giliran Armand Maulana dan Afgan diumumkan sebagai pengisi acara dari konser drive-in bertajuk New Live Experience.

Konser tersebut akan bertempat di Parkir Barat JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat dan berlangsung selama dua hari, yakni 29 dan 30 Agustus 2020.

Bila Kahitna akan merayakan 34 tahun perjalanan karier musik mereka dalam konser tersebut, Armand Maulana dan Afgan juga akan menyuguhkan sesuatu yang baru.

Keduanya akan menggung dalam format Project A yang merupakan proyek kolaborasi antara mereka berdua.

"Sebelumnya kami sudah mengumumkan Kahitna yang akan tampil dengan momentum '34 Tahun Perjalanan Cinta Kahitna' dan pada kesempatan hari ini, kami resmi mengumumkan project duo antara Afgan dan Armand Maulana dalam Project A," kata Dino Hamid Creative & Project Director dari Berlian Entertainment dalam siaran pers yang diterima detikcom, Senin (3/8/2020).

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta melalui Surat Keputusan Nomor 140 Tahun 2020 telah memperbolehkan terselenggaranya kegiatan pertunjukan dan konser di luar ruangan pada masa perpanjangan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Tapi konser baru dapat terselenggara asalkan memiliki konsep drive-in.

"Boleh, tapi sementara skalanya yang drive-in dulu. Sudah boleh dari tanggal 7 Juli kemarin," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia melalui pesan singkat pada detikcom, baru-baru ini.

Dengan demikian, penonton konser diharuskan berada di dalam mobil selama penyelenggaraan pertunjukan berlangsung. Selain itu, dalam SK Perpanjangan PSBB Transisi tersebut juga dijelaskan sejumlah protokol kesehatan yang berlaku baik bagi pengunjung maupun penyelenggara.

Aturan tersebut mencakup penggunaan masker, jarak antar kendaraan, hingga penonton diharuskan mematuhi aturan menghidupkan dan menyalakan mobil sesuai arahan dari penyelenggara.

Dihubungi melalui sambungan telepon baru-baru ini, Dino Hamid mengungkapkan, "Konsep drive-in itu kami develop sudah lama. Kami mengumumkan progresnya mengikuti perkembangan dari pemerintah dulu. Sekarang kan sudah officially dari pihak Pemprov sudah declare."

Ini bukan kali pertama konser dalam mobil diadakan. Sebelumnya konser drive-in juga telah diadakan di Semarang, Jawa Tengah pada pekan lalu, yakni Rabu, 29 Juli 2020.

Jikustik, Soulgroove Band dan YLB menjadi mengisi acara dari konser drive-in yang memuat 250 mobil tersebut.

Selain itu beberapa negara juga telah menyelenggarakan konser dengan konsep drive-in, misalnya Republik Ceko, Denmark, hingga Amerika Serikat.

Sejumlah artis mancanegara pun pernah tampil dalam gelaran konser drive-in, di antaranya Keith Urban, Brad Paisley, dan lain-lain. (hot.detik.com)