News

Manajer Metallica Menyatakan YouTube Sebagai Momok Industri Musik

05 Mei 2016

Manajer Metallica, Peter Mensch menyatakan bahwa YouTube membunuh industri musik dan menggambarkan situs video streaming tersebut sebagai “setan”.

Dalam wawancara dirinya dengan BBC Radio, Peter Mensch, yang juga manajer Muse Dan Red Hot Chilli Peppers mengatakan, “YouTube, mereka adalah 'setan'. Jika seseorang tidak melakukan sesuatu terhadap YouTube, kita akan hancur. Selesai. Sulit untuk membuat orang-orang membayar untuk sesuatu yang sudah mereka dapatkan secara gratis. Itu perilaku konsumen.”

Berbagai situs streaming seperti YouTube, SoundCloud, dan lainnya diperkirakan telah memiliki 900 juta pengguna, dan menghasilkan pendapatan sebesar 634 juta dollar AS pada 2015, berdasarkan laporan tahunan International Federation of the Phonographic Industry (IFPI).

Sementara itu, 68 juta pengguna di seluruh dunia yang membayar untuk berlangganan telah menyumbangkan sekitar 2 miliar dollar AS dalam penjualan industri musik.

CEO YouTube, Robert Kyncl menanggapi dan berpendapat bahwa label rekaman yang seharusnya disalahkan karena tidak memberikan uangnya kepada musisi.

“Para musisi yang mendaftar langsung kepada YouTube menerima hasil yang besar,” ujar Robert. “Tidak semua orang, tetapi jika Anda menghasilkan banyak penonton, berarti Anda mendapatkan banyak uang,” tambahnya.

Pada pernyataan terpisah, YouTube menyatakan bahwa sejauh ini telah membayarkan 3 miliar kepada perusahaan rekaman, dan terus bertambah. (rollingstone.co.id)