News

Mantan Produser Pearl Jam dan Alice In Chains Tutup Usia

20 Agustus 2014

Rick Parashar, produser legendaris yang menjadi tokoh penting dari era keemasan industri musik Seattle, Amerika Serikat di awal dekade 90an dikabarkan tutup usia pada akhir pekan lalu di usianya ke-50 tahun akibat penyumbatan pembuluh darah di sekitar area paru-parunya, seperti dikutip dari Northwest Music Scene.

Sebelum menjadi seorang produser ternama, peran Parashar di kota Seattle diawali pada 1985 dengan mendirikan London Bridge Studio, sebuah studio musik dan rekaman yang menancapkan tajinya sebagai salah satu pusat perkembangan pergerakan musik grunge.

Dalam profesinya sebagai produser, beberapa rilisan populer musisi generasi 90-an yang sukses melejit di tangannya ialah album selftitled dari Temple of The Dog, Blind Melon, serta sebuah album mini milik Alice In Chains, Sap.

Namun, tentu saja namanya paling dikenang sebagai produser dari album perdana Pearl Jam, Ten. Malahan, Parashar juga turut menyumbangkan permainan piano, perkusi, dan sejumlah instrumen lain pada proses pengerjaan salah satu album bersejarah di kancah musik grunge tersebut.

Bahkan, hingga menjajaki awal dekade 2000, dimana tren musik Seattle sudah beranjak redup, Parashar masih mampu membawa status penjualan multi-platinum bagi album Away From The Sun dari 3 Doors Down, serta nominasi penghargaan Grammy untuk album Silver Side Up milik Nickelback. (rollingstone.co.id)