News

Mengenang 37 Tahun John Lennon Meninggal Dunia dengan Lagu-lagunya

08 Desember 2017

Nama John Lennon sebagai musisi dan penulis lagu memang melegenda. Personel The Beatles tersebut dikenal melalui karya-karya lagunya yang laris dan mendunia.

Selain dikenal sebagai personel The Beatles, John Lennon juga memiliki sejumlah proyek musik lainnya. Salah satunya adalah proyek solo.

Musikus kelahiran 9 Oktober 1940 itu juga dikenal sebagai aktivis perdamaian yang kerap menyuarakan pesan anti Perang Vietnam.

Ia tutup usia pada umur 40 tahun, 8 Desember 1980 karena ditembak oleh Mark David Chapman, seseorang yang mengaku sebagai penggemarnya.

Mengenang 37 tahun kepergiaan mendiang, detikHOT merangkum sejumlah lagu dari John Lennon yang bisa mengingatkan kembali kita kepada sosoknya.

'Julia'

Lagu 'Julia' muncul dalam album self-titled The Beatles (White Album). John Lennon mengisi vokal dan gitar akustik dari lagu ini. Lagu ini ditulis pada tahun 1968 dalam perjalanan The Beatles ke India.

John Lennon menuliskan lagu ini untuk Ibunya, Julia Lennon yang meninggal setelah ditabrak mobil yang dikendarai oleh pengemudi sedang mabuk. Saat ibunya meninggal, John Lennon masih berusia 17 tahun.

'Strawberry Fields Forever'

Lagu 'Starberry Fields Forever' muncul dalam album The Beatles yang berjudul 'Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band'.

Ketika menuliskan lagu ini, John Lennon terinspirasi dari kenangan masa kecilnya saat bermain di taman Panti Asuhan Strawberry Field yang terletak di dekat rumah masa kecil John Lennon di Woolton, daerah penyangga kota Liverpool.

'Imagine'

Lagu 'Imagine' bisa dibilang sebagai lagu paling sukses dari proyek solo kariernya. Dalam lagu tersebut, John Lennon mengutarakan pandangannya tentang perdamaian.

Lagu ini ada kaitannya dengan sikap anti peperangan yang dianut olehnya. Ia memproduksi lagu tersebut bersama istrinya, Yoko Ono.

Ketika menulis liriknya, John Lennon terinspirasi dari puisi-puisi karangan Yoko Ono yang ada di dalam buku 'Grapefruit'.

'Woman'

Sebelum meninggal, di tahun 1980, John Lennon merilis album berjudul 'Double Fantasy'. Lagu 'Woman' menjadi single kedua dari album tersebut sekaligus single pertama yang diluncurkan pasca meninggalnya sang musisi.

Album 'Double Fantasy' kemudian menyabet piala Album of the Year pada Grammy Awards yang ke-24.

'Jealous Guy'

Lagu 'Jealous Guy' juga merupakan salah satu lagu sukses dari proyek solo karier John Lennon. Lagu tersebut pertama kali muncul dalam album 'Imagine' di tahun 1971.

Lagu tersebut pertama kali ditulis John Lennon ketika dirinya dan The Beatles berkunjung ke India. Awalnya lagu tersebut berjudul 'Child of Nature'.

Setelah bersolo karier, John Lennon kemudian mengganti liriknya dengan lirik lagu 'Jealous Guy' yang dikenal sekarang. (hot.detik.com)