News

The Smashing Pumpkins Rilis Dua Album Baru Tahun Depan

26 Maret 2014

Tak tanggung-tanggung, The Smashing Pumpkins telah berencana merilis dua album sekaligus di 2015 mendatang – bahkan telah menetapkan judulnya, yakni Monuments to an Elegy dan Day for Night – serta berharap untuk melepas single baru di akhir tahun ini usai meneken kontrak dengan label BMG, seperti yang tertulis dalam pernyataan vokalis Billy Corgan pada situs resmi Smashing Pumpkins, Selasa (25/3) kemarin.

Belum terungkap apakah kedua album itu akan dirilis secara berbarengan atau bergilir, namun keduanya dipastikan diproduseri oleh Howard Willing, yang telah menaungi album-album Smashing Pumpkins sejak Adore pada 1998.

Termasuk tentang konsep yang diusung, Corgan hanya menulis, “(Album ini ditujukan) Bagi mereka yang tertarik dengan sound ‘gitar, gitar, gitar, dan banyak gitar.’”

Momen pengumuman itu disebutkan juga menjadi hari pertama sesi rekaman mereka, atas sebagian besar materi lagu yang telah kelar ditulis dan tinggal menunggu direkam. Uniknya, kali ini Corgan – yang dikenal bertabiat dingin dan ketus – justru memfasilitasi penggemarnya untuk turut mengikuti perkembangan proses penggarapan itu lewat situs anyar bandnya.

Situs yang dinamakan dengan The Panopticon itu akan menjadi wadah yang menampung unggahan-unggahan dari Corgan, berupa judul lagu, lirik, foto, sound klip, peralatan studio, dan bocoran-bocoran lainnya.

The Smashing Pumpkins belum merilis album penuh lagi sejak Oceania pada 2012, namun Corgan sempat membeberkan aktivitasnya menulis lagu-lagu baru lewat Twitter sekitar satu tahun silam. (www.rollingstone.co.id)