News

Bjork Siarkan Langsung Penampilannya dalam Format Virtual Reality dan 360 Derajat

29 Juni 2016

Lewat lagu berjudul "Quicksand", Bjork telah tampil dalam sebuah konser di Tokyo yang tersiar langsung dengan format virtual reality (VR) dan 360 derajat; menandakan pertama kalinya hal ini dilakukan di dunia. Agenda yang digarap secara kerja sama dengan Dentsu Lab Tokyo ini merupakan bagian dari Bjork Digital Exhibition di Miraikan Museum, Tokyo mulai Rabu (29/6).

Dalam pertunjukannya, Bjork mengenakan sebuah topeng khusus yang dibuat dengan teknologi Stratasys 3D printing. Topeng ini didesain oleh Profesor Neri Oxman dari MIT Media Lab and the Mediated Matter Group. Tayangan dari penampilan ini dapat disaksikan dan diakses melalui situs resmi Dentsu Lab.

"Quicksand" merupakan sebuah lagu yang tercantum dalam album Vulnicura. Dengan lagu ini, Bjork menciptakan sejarah sebagai musisi pertama yang menyiarkan pertunjukan musik secara langsung dengan format video 360 derajat.

Baru-baru ini Bjork juga mengumumkan perilisan edisi box set untuk Vulnicura Live yang memuat audio dari penampilan favorit Bjork selama tur pada 2015 lalu. Box set ini terdiri atas piringan hitam dengan kemasan gatefold, CD, hingga topeng eksklusif berdesain serupa dengan yang dikenakannya saat tur. (rollingstone.co.id)