News

Miles Davis Terpilih Sebagai Musisi Jazz Terbaik Sepanjang Masa

18 November 2015

Baru-baru ini mendiang pionir jazz legendaris asal Amerika Serikat, Miles Davis, terpilih sebagai musisi jazz terbaik sepanjang masa menurut sebuah daftar yang disusun oleh BBC.

Proses pengambilan suara dilakukan sendiri oleh para pendengar setia Radio BBC dan Jazz FM. Mereka diminta untuk menentukan pilihan dari 50 nama yang sudah terdapat dalam daftar. Adapun 50 nama tersebut telah dikurasi oleh beberapa narasumber seperti; para penyiar Radio BBC, Jazz FM, musisi-musisi jazz, kritikus, hingga jurnalis musik.

Seperti dilansir NME, sepuluh nama teratas masuk ke dalam sebuah kompilasi yang digarap oleh BBC Music Jazz, sebuah program kerja sama antara BBC dan Jazz FM. Berikut adalah daftar yang berisikan sepuluh nama musisi jazz terbaik sepanjang masa:

  1. Miles Davis
  2. Louis Armstrong
  3. Duke Ellington
  4. John Coltrane
  5. Ella Fitzgerald
  6. Charlie Parker
  7. Billie Holiday
  8. Thelonious Monk
  9. Bill Evans
  10. Oscar Peterson

Davis adalah seorang pionir musik jazz yang lahir pada 1926 di Alton, Illinois. Ia bertindak sebagai pemain terompet, komposer, serta menjadi pemimpin band. Album milik Davis berjudul Kind of Blue yang dirilis pada 1959 silam seringkali dikatakan sebagai karya terbaiknya.

Sementara itu, perjalanan hidup Davis dituangkan ke dalam sebuah film berjudul Miles Ahead yang disutradarai oleh aktor Don Cheadle. Film ini berfokus pada kehidupan Davis di era ’70-an; masa-masa di mana ia memutuskan untuk beristirahat dari kancah musik jazz dunia. Davis diperankan langsung oleh Cheadle, dengan dibantu oleh beberapa nama tambahan seperti Ewan McGregor dan Emayatzy Corinealdi.

Dalam menanggapi film ini, Cheadle mengatakan, “Miles merupakan sosok penting dalam banyak hal. Ia merupakan musisi jazz nomor satu dan bagaikan sebuah harta yang kita miliki. Namun, di sisi lain ia dapat menjadi teka-teki bagi orang-orang disekitarnya, terlebih lagi pada masa-masa sunyi yang sempat dialami Miles.”

“Kami pun telah mendapatkan dukungan dari keluarga Miles dan proses kreatif yang ia miliki berhasil menjadi pemandu bagi kami,” tutup Cheadle. (rollingstone.co.id)