News

Record Store Day Indonesia 2016 Digelar di 18 Kota

13 April 2016

Gelaran Record Store Day Indonesia tahun ini berlangsung jauh lebih luas dibanding sebelumnya. Total, Record Store Day Indonesia 2016 digelar di 18 kota.

Bukan cuma di Jawa, tapi pesta rilisan musik fisik itu juga menyambangi kota-kota di Kalimantan sampai Sulawesi sepanjang bulan April. Tidak luput dari sasaran, beberapa kota di Pulau Sumatra dan Bali turut merayakan bergantian dengan mengusung musisi-musisi lokal andalannya.

Sabtu-Minggu, 16-17 April 2016, menjadi pembuka Record Store Day Indonesia 2016. Kota-kota yang mengawalinya adalah Medan (Medan Club), Padang (Hardcore Mayhem), Batam (Bringhopetoday Store) dan Palembang (RAW Store Bukit Parking Lot).

Kemudian ada juga di Jakarta (Pasar Santa), Bandung (Toko Musik Omuniuum), Yogyakarta (Halaman Bentara Budaya), Semarang (Spiegel Bar & Bistro), Solo (Lokananta), Surabaya (Aiola Eatery), Malang (DILO), Bali (Rumah Sanur Creative Hub), Palangkaraya (Rumah Berkarya), Banjarmasin (Blackbox Lounge) dan Palu (Anjungan Pantai Talise).

Satu minggu setelahnya, tepatnya 22 April, giliran Pekanbaru yang meramaikan di Happy Puppy Karaoke. Disusul kota Samarinda pada 24 April di Wadah Bahimung, Taman Budaya Kalimantan Timur. Kota terakhir yang didaulat sebagai penutup 'hari raya' insan musik itu adalah Pontianak di Sugeban 30 April 2016.

Catat tanggal-tanggalnya, karena itu adalah hari terbaik bagi para pemburu rilisan musik fisik. Akan ada banyak sekali musisi-musisi yang merilis karya baru atau mendaur ulang karya lamanya.

Ditambah lagi, sejumlah musisi dipastikan tampil menghibur sepanjang hari. Di Jakarta sendiri, akan ada 48 rilisan yang bersanding dengan 20 penampil, di antaranya Polka Wars, Life Cicla dan Stars and Rabbit. Info lengkapnya, cek Instagram @recordstoredayindonesia. (hot.detik.com)