News

Rush Gelar Tur Konser Memperingati 40 Tahun Band

24 Januari 2015

Band progresif rock asal Kanada, Rush baru-baru ini mengumumkan rangkaian tur konser yang akan mereka lakukan pada tahun ini.

Tur tersebut diadakan dalam rangka memperingati 40 tahun perjalanan karier mereka di industri musik. Di jadwal yang telah resmi dirilis, Geddy Lee dan kawan-kawan akan memulai rangkaian turnya pada 8 Mei mendatang di Tulsa, Oklahoma.

Nantinya tur akan diakhiri pada 1 Agustus di Los Angeles, California. Untuk tur bertajuk R40 ini, totalnya Rush akan mengunjungi sebanyak 34 kota di daratan Amerika Utara.

Grup musik Rush terakhir kali mengadakan tur pada 2012-2013 lalu. Tur bertajuk Clockwork Angels Tour tersebut diselenggarakan dalam rangka mempromosikan album ke-19 mereka yang berjudul sama dengan nama rangkaian tur mereka. Hal tersebut berbeda dengan tur kali ini, yang mana mereka tidak sedang mempromosikan album baru. Selain memperingati perjalanan karier mereka selama 40 tahun ini, R40 ini juga sekaligus menjadi peringatan atas drumer mereka, Neil Peart yang telah bergabung bersama grup musik ini sejak 1974.

Pada Clockwork Angels Tour lalu, selain lagu-lagu dari album baru mereka, lagu-lagu yang dibawakan juga lebih banyak berasal dan bernuansakan era Rush '80-an. Kala itu mereka tidak begitu menyentuh musik '70-an mereka, sampai akhirnya medley lagu-lagu dari album 2112 (1976) dibawakan oleh mereka sebagai penutup pertunjukan.

Seperti dilansir RollingStone.com, tur konser R40 ini akan memberikan kesempatan lebih luas bagi Rush untuk memainkan musik-musik mereka dari bermacam era. Gitaris Rush, Alex Lifeson menyampaikan kepada Rolling Stone juga akhir tahun lalu bahwa tur semacam R40 ini adalah semacam kesempatan yang baik bagi Rush untuk melakukannya.

Vokalis Rush, Geddy Lee pun juga menuturkan hal yang serupa dengan Lifeson. "Saya pikir kami akan melakukan sesuatu untuk memperingati ulang tahun kami. Dan itu bisa saja berupa sebuah perjalanan melintasi era," ujar Geddy Lee kepada Rolling Stone November tahun lalu. Namun sampai saat ini memang belum ada indikasi lebih lanjut apakah Rush akan kembali menghidupkan lagu-lagu mereka terdahulu yang berasal dari berbagai era atau tidak.

Hingga berita ini diturunkan belum diraih informasi apakah tur konser ini akan menyambangi pula benua Australia maupun Asia. (rollingstone.co.id)