News

Secara Mengejutkan, Bjork Merilis Album Baru Versi Digital, 'Vulnicura'

21 Januari 2015

Bjork secara mengejutkan telah merilis versi digital dari album barunya, Vulnicura, padahal sebelumnya diberitakan baru akan dirilis pada Maret. Sekarang album ini sudah dapat dibeli melalui iTunes, sedangkan untuk versi CD dan piringan hitam tetap keluar pada Maret mendatang.

Dalam akun Facebook miliknya, Bjork menjelaskan kepada penggemar bahwa Vulnicura adalah album patah hati. “Saya menemukan bahwa sudah menulis album patah hati ini dari setahun lalu. Cukup mengejutkan bagaimana mendokumentasikan secara tepat sisi emosional saya. Seperti tiga lagu sebelum putus cinta dan tiga lagu setelahnya. Sisi antropolog saya keluar dan saya memutuskan untuk membaginya.”

“Pertama, saya khawatir kalau terlalu memanjakan diri sendiri, tapi kemudian saya merasa ini lebih universal. Mudah-mudahan lagu-lagu ini bisa menjadi bantuan untuk orang lain dan membuktikan bagaimana proses biologis seperti luka dan penyembuhan luka. Psikologis dan fisik. Sewaktu-waktu bisa rusak tanpa diketahui,” jelas Bjork seperti dikutip oleh NME.

Bjork juga membahas kerjasamanya dengan Arca dan The Haxan Cloak di album ini. “Dan ada hal ajaib yang terjadi. Setelah saya kehilangan, seseorang datang. Alejandro [Arca] mengontak saya pada musim panas 2013 dan berminat untuk bekerja dengan saya. Itu adalah waktu yang tepat. Untuk membuat ketukan untuk lagu, saya membutuhkan tiga tahun [Seperti di album Vespertine], tapi Arca menemui saya beberapa kali dan hanya butuh beberapa bulan untuk menyelesaikan seluruh album!!!”

“Ini adalah salah satu kolaborasi paling nyaman yang pernah saya lakukan! Lalu saya melanjutkan dengan menulis aransemen bagian string dan paduan suara lalu merekamnya di Islandia. Memasuki sesi akhir pembuatan album, saya mencari mixingengineerdan dikenalkan teman saya, Robin Carolan kepada The Haxan Cloak. Ia mengerjakan mixing album saya dan membuat satu ketukan untuk ‘Family.’ Bersama engineer Chris Elms, kami membentuk band saat proses mixing dan akhirnya abum ini selesai,” pungkas Bjork. (rollingstone.co.id)