News

Terjebak di Indonesia, Penggemar Galang Donasi untuk Total Chaos

24 Maret 2016

Total Chaos, band punk rock/hardcore veteran asal California, Amerika Serikat, belakangan telah usai menjalani tur konsernya untuk kawasan Asia Tenggara selama enam hari. Singgah di tiga kota besar Indonesia (Bali, Jakarta, Malang), pada Minggu (20/3) kemarin agenda tur konser Total Chaos di Jakarta batal diselenggarakan.

Lewat akun Facebook resmi mereka, Total Chaos memberi pernyataan dan alasan dibalik gagalnya penampilan mereka di Puri Muncul Puspitek, Serpong. Sebelum memulai penjelasannya, Total Chaos menyertakan tautan profil Gudang Records, dalang yang secara tidak langsung menggagalkan penampilan mereka di Jakarta.

“Alasan kenapa kami tidak bisa tampil di acara tersebut adalah karena Xainal dari Gudang Records membuat kami terlambat mengejar penerbangan dari Singapura ke Jakarta,” terang pihak band. “Dirinya menolak menyeberang perbatasan dari Malaysia ke Singapura dan kami ketinggalan penerbangan ke Jakarta. Lalu ia memutuskan untuk mengantarkan kami kembali ke KLIA di Kuala Lumpur yang menempuh waktu selama lima jam, dan kami hampir ketinggalan penerbangan.”

Total Chaos melanjutkan bahwa ketika mereka tiba di Jakarta pada pukul 20:00 WIB, dan mendapat pelecehan dari pihak berwajib di bandara yang memakan waktu selama satu jam. “Pada saat kami keluar dari bandara kami akhirnya tahu bahwa acara telah selesai karena izin [acara] telah habis pada pukul sembilan malam,” jelasnya lagi.

Pihak band juga membeberkan bahwa Gudang Records tidak memberi informasi kepada mereka bahwa Total Chaos harus tampil pada pukul 19:30 WIB. “Dia juga mencuri empat ribu dollar Amerika Serikat [sekitar Rp 52 juta] yang merupakan uang yang seharusnya kami gunakan untuk penerbangan pulang ke Amerika Serikat dari promotor di Indonesia,” terangnya yang mempertegas bahwa Warriors Jakarta tidak bersalah dan bekerja sangat profesional.

Dampak penipuan dari pihak Gudang Records terhadap Total Chaos mendapat empati dari punk rockers Indonesia. “Total Chaos terjebak di Indonesia dan mereka butuh pertolongan untuk melanjuti perjalanannya. Untuk kalian yang ingin membantu, silahkan kumpulkan uang untuk donasi dan kirimkan ke paypal milik Rob [vokalis], robchaos@msn.com.” (rollingstone.co.id)