News

Tony Iommi: "Black Sabbath Sebenarnya Punya Banyak Riff untuk Album Baru"

27 November 2015

Gitaris Tony Iommi baru-baru ini mengungkapkan bahwa sebenarnya Black Sabbath sempat memiliki waktu khusus untuk menulis materi-materi terbaru sebelum akhirnya memutuskan untuk tidak membuat album lagi.

“Saya memiliki banyak riff. Saya menulis banyak sekali materi untuk album baru, namun ketika kami bertemu di Los Angeles... baik, [pemain bass] Geezer [Butler] secara khusus mengungkapkan jika ia tidak ingin membuat album lagi,” ungkap Iommi dalam sebuah sesi tanya jawab terbaru bersama Q.

Iommi juga menambahkan, “ Untuk album terakhir [13], kami merekam sebanyak 16 lagu [namun hanya dirilis sebanyak 12 lagu], jadi kami masih mungkin untuk menempatkannya pada bagian lain. Namun kami masih belum tahu.”

Ketika ditanya apakah dirinya memang berkeinginan untuk berhenti bermain, Iommi mengatakan tidak. “Ini adalah tur konser, benar [sangat sulit]. Saya ingin mengerjakan sesuatu bersama mereka. Namun, apapun yang terjadi, saya akan melakukan sesuatu.”

September lalu, Osbourne sempat berbicara kepada Metal Hammer bahwa Black Sabbath akan merilis satu album studio terakhir yang akan menindaklanjuti album 13. Osbourne mengungkapkan bahwa dirinya ingin segera menggarap album tersebut, namun ketika itu situasi dan kondisinya tidak mendukung karena Iommi masih harus melakukan pengobatan terhadap penyakit lymphoma yang dideritanya.

Satu bulan kemudian, Osbourne mengubah pemikirannya dengan menegaskan bahwa Black Sabbath memilih untuk tidak merilis album lagi. “Percayalah, ini merupakan akhir dari Black Sabbath,” tuturnya ketika itu. (rollingstone.co.id)