News

Yoko Ono Memberikan Penghargaan Bagi Pendiri Majalah Rolling Stone

03 September 2014

Istri mendiang John Lennon, Yoko Ono telah mengumumkan empat nama yang ia pilih untuk menerima penghargaan Lennon Ono Grant For Peace tahun ini, yang dihelat bertepatan dengan ulang tahun Lennon pada 9 Oktober mendatang di Reykjavik, Islandia.

Sejak 2002, ajang dua tahunan itu selalu menganugerahkan penghargaan pada sosok-sosok yang menurut Ono telah mewujudkan karya mulia dan berpengaruh yang dahulu selalu diimpikan olehnya dan Lennon.

Keempat figur yang beruntung itu ialah Jann Wenner (pendiri majalah Rolling Stone), Jeremy Gilley (pendiri organisasi sosial non-profit, Peace One Day), organisasi inisiator kesenian masyarakat Art Production Fund, dan mantan walikota Reykjavik, Jon Gnarr.

Memaparkan tentang alasan dibalik penetapan masing-masing penerima penghargaan, Ono menuturkan,” Pada periode 60an dan 70an, Jann membuat rock n’ roll menjadi nama yang tersohor—seorang diri mempromosikannya melalui media. Sementara Jeremy Gilley, dengan Peace One Day, telah memudahkan orang-orang untuk bergabung dengan gerakan kedamaian.”

Ia melanjutkan, “Art Production Fund adalah proyek seni yang ambisius ciptaan Doreen Remen dan Yvonne Force Villareal. Lalu, Jon Gnarr menunjukan pada dunia bahwa politik pemerintahan adalah untuk masyarakat dan dari masyarakat.”

“Saya sangat bahagia bisa memberikan penghormatan pada mereka tahun ini melalui penghargaan itu. Bagi saya, itu menyimbolkan pekerjaan dan aktivitas yang selalu coba saya dan John Lennon lakukan bersama—dan sampai kini masih ingin saya lanjutkan,” pungkasnya. (rollingstone.co.id)