News

Deadsquad dan Seringai Gelar Festival Metal CADASCULT, 28 Desember 2014

27 Desember 2014

Dua unit musik cadas terdepan Tanah Air, Deadsquad dan Seringai, sepakat berkoalisi untuk menggelar festival metal CADASCULT pada 28 Desember mendatang mulai pukul 15:00 WIB di Bulungan Outdoor, Jakarta Selatan.

Sebanyak delapan band telah ditunjuk sebagai pengisi acara: selain Deadsquad dan Seringai, turut beraksi pula Dead Vertical, Revenge, Suri, Poison Nova, Slutguts, dan Piston.

Menurut keterangan pada situs resmi festival ini, nama CADASCULT terdiri dari dua kata, ‘cadas’ dan ‘cult’. ‘Cadas’ memberikan gambaran mengenai jenis musik acara ini, yaitu metal. Sementara ‘cult’ berasal dari kata ‘culture’ yang berarti ‘budaya’; digunakan untuk menekankan bahwa musik metal serta turunannya membunyai basis massa yang besar dan fanatik.

Pesan yang ingin disampaikan dari pemilihan nama ini adalah agar penggemar musik metal secara khusus maupun penikmat musik secara umum mengetahui bahwa ada sebuah acara musik metal lokal yang berkualitas dan dikemas secara baik.

Mengenai kemitraan Deadsquad dan Seringai dalam penggarapan CADASCULT, Stevie Item selaku gitaris Deadsquad menjelaskan kepada Rolling Stone bahwa semuanya diawali dengan konser kejutan di Borneo Beer House, Jakarta pada Oktober 2012 silam.

Hanya bermodalkan promosi dari akun Twitter kedua band tersebut pada siang hari, dengan poster imut bergambar Hello Kitty dan dominasi warna putih serta pink, mampu menarik lebih dari 250 orang penonton memenuhi Borneo Beer House di Jeruk Purut pada malam harinya.

“Tadinya kami mau bikin acara seperti Hello Kitty lagi, tapi Borneo Beer House masih dalam proses pindah ke lokasi baru. Karena menunggu terlalu lama, saya akhirnya bilang ke Arian (vokalis Seringai): ‘Bikin Hello Kitty agak gedean yuk.’ Kemudian dapat lokasi di Bulungan, dan jadilah CADASCULT,” terang Stevie.

Ada pun harga tiket festival musik CADASCULT dipatok Rp 35 ribu. Lokasi penjualan tiket tersebar di Lawless area Kemang, Deeprock Music yang terletak di Blok M Square dan Her Shining Dark.

Oleh penyelenggaranya, CADASCULT diharapkan menjadi sebuah acara kekeluargaan yang menampilkan band-band metal Indonesia bermutu dengan dukungan tata suara, tata panggung dan tata cahaya berkualitas. Bakal hadir pula pelaku industri musik metal seperti manajemen band, pencari bakat, perusahaan rekaman, maupun pengusaha merchandise musik metal.

Selain itu, CADASCULT juga ditargetkan bisa menjadi tempat lahirnya band metal baru yang berkualitas. Deadsquad dan Seringai akan mengajak band metal anyar yang dianggap berpotensi, sehingga regenerasi band metal lokal dapat terus berlangsung. (rollingstone.co.id)