News

N.W.A. Reuni Lagi Setelah 27 Tahun Berpisah

28 April 2016

Grup hip-hop legendaris N.W.A. akhirnya kembali tampil di atas panggung bersama-sama, setelah lebih dari seperempat abad berpisah. Dr Dre datang menyusul kehadiran Ice Cube, DJ Yella, dan MC Ren yang sebelumnya sempat memeriahkan  Empire Polo Club, Indio, tepatnya pada panggung festival Coachella 2016, Sabtu (23/4) malam waktu setempat.

Ini merupakan kali pertamanya mereka secara berbarengan melucuti derasnya lirik hip-hop di atas panggung, setelah 27 tahun komplotan asal Compton, California ini berpisah.

Turut meramaikan ajang reuni grup Niggaz Wit Attitudes ini rapper yang tengah naik daun, Kendrick Lamar, membawakan salah satu nomor terbesarnya pada 2015, “Alright”. Masih dalam suasana berkabung atas kematian musisi Prince, mereka pun mendedikasikan penampilannya di atas bagi sang mendiang, seperti diwartakan NME. “Straight Outta Compton” dibawakan sebelum Dr Dre ikut meramaikan malam tersebut, yang kelanjutannya mereka langsung memecahkan atmosfer dengan hit klasik dari Tupac Shakur, “California Love”.

Gerombolan hip-hop asal daerah Compton ini terbentuk pada 1986, dengan anggota asli (sekaligus pendiri) yakni Arabian Prince, Dr. Dre, Eazy-E, dan Ice Cube. Kemudian, DJ Yella dan MC Ren bergabung, seiring dengan keluarnya Arabian Prince pada 1988.

Di tahun yang sama, mereka merilis album debut mereka, Straight Outta Compton, karya yang menjadi salah satu faktor mereka dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame tahun ini. N.W.A. sempat merilis satu album lagi sebelum akhirnya mereka bubar pada 1991, dan sempat melakukan reuni pada 1995. (rollingstone.co.id)