News

Vokalis Garbage Tulis Surat Terbuka untuk Kanye West

12 Februari 2015

Aksi yang dilakukan oleh Kanye West pada perhelatan Grammy Awards 2015 lalu (8/2 waktu setempat) mengundang berbagai komentar beserta tanggapan dari banyak pihak. Salah satunya adalah dari vokalis grup band Garbage, Shirley Manson.

Malam itu West ikut naik ke atas panggung dan seolah-olah hendak menginterupsi pidato Beck saat diumumkan bahwa album Beck, Morning Phase, memenangi kategori Album of the Year. Dalam argumennya, West beranggapan bahwa album Beyonce, BEYONCE, lebih layak mendapatkan penghargaan tersebut.

Keesokan harinya (9/2) Manson menuliskan tanggapannya terhadap aksi West di laman yang diperuntukkan bagi para penggemarnya di Facebook.

"Teruntuk Kanye West, sebenarnya Anda yang sedang sibuk sendiri tidak menghormati kesenian. Anda tidak menghormati talenta luar biasa yang ada pada diri Anda, dan yang terpenting adalah Anda tidak menghargai talenta, kerja keras, serta kegigihan seluruh artis ketika Anda mendatangi mereka secara kasar dan kejamnya, terlebih musisi seperti Beck yang berbakat dan rendah hati. Anda membuat diri Anda menjadi begitu kecil, picik, dan basi. Dalam usaha mengurangi pentingnya satu bakat besar, Anda malah membuat penghinaan terhadap seluruh musisi dan musik dari berbagai macam aliran musik, termasuk aliran musik Anda sendiri. Dewasalah dan berhenti melakukan hal seperti itu. Anda membuat diri Anda menjadi pecundang sepenuhnya," tulis Manson di laman tersebut.

Penyanyi berusia 48 tahun itu juga memberikan sebuah catatan dalam tulisannya tersebut. Menurut Manson, Beyonce telah mendapatkan segalanya secara sempurna dengan caranya sendiri. Ia yakin bahwa Beyonce sebenarnya tidak memerlukan West dengan sikapnya yang seperti itu.

Hingga saat ini, belum ada tanggapan dari West terkait surat terbuka tersebut. Sementara itu, menanggapi perlakuan West kepadanya, pada hari Senin (9/2) lalu Beck hanya tertawa menanggapi kelakuan suami Kim Kardashian tersebut.

"Saya hanya sangat antusias mengetahui ia ikut naik ke atas panggung.  Dia pantas mendapatkan kesempatan berada di atas panggung seperti yang lain. Berapa banyak karya hebat yang ia keluarkan dalam lima tahun terakhir?" ujar Beck kepada majalah Us Weekly.

Menanggapi argumen West yang menyatakan bahwa Beyonce-lah yang seharusnya menjadi pemenang kategori Album of the Year tersebut, Beck menyatakan setuju. "Tentu saja. Saya pikir dia yang akan memenangkannya. Ayolah, dia adalah Beyonce!" kata Beck lagi. (rollingstone.co.id)